Senin, 18 Februari 2013

Apa sih, Cantik itu??

Cantik itu, adalah...

Pada edisi kali ini, saya ingin sharing mengenai beberapa hal yang saya ketahui tentang cantik. Cantik selama ini selalu diidentikkan dengan wanita. Kriteria yang disepakati oleh masyarakat kebanyakan bahwa cantik adalah, dia yang berkulit putih, tinggi semampai, berhidung mancung, memiliki bentuk tubuh yang indah (ideal), dan semua hal yang bersifat fisik. Padahal, menurut saya, cantik itu tidak hanya dilihat dari apa yang bisa ditangkap oeh indera penglihatan kita saja. Cantik bahkan juga dilihat dan dinilai oleh hati nurani. Dari perilaku seseorang misalnya. Atau mungkin juga kepandaiannya dalam menghadapi berbagai hal.

Cantik itu relatif. Ada juga yang ngomong begitu. Nggak salah juga sih, memang, setipa orang memiliki pandangan yang berbeda tentang : bagaimana sih, cantik itu? Kayak gimana sih, wanita cantik itu?? Tetapi tetap saja, kebanyakan dari mereka menilai cantik dari sisi fisik seseorang. Cantik itu tidak hanya dinilai dari parasnya saja. Tapi juga dari hatinya, dari perilakunya yang baik, lembut, suka menolong, misalnya.

Banyak para wanita yang berlomba-lomba untuk tampil secantik mungkin. Mereka bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik diri mereka tanpa memperdulikan bahwa mereka juga harus memperbaiki akhlak dan membersihkan hati mereka dari sifat-sifat yang buruk.

Ketahuilah, bahwa sebenarnya cantik itu bukanlah hal yang abadi. Cantik adalah takdir yang harus kita terima yang merupakan pemberian Allah SWT yang harus kita jaga. Bukannya malah diperlihatkan untuk umum. Bukannya untuk dipersalahgunakan, cantik adalah nikmat yang indah bagi yang bisa menjaganya. Dan sekaligus bisa menjadi jalan maksiat bagi yang tak bisa menjaganya. Janganlah seorang wanita berbangga dengan kecantikannya, karena suatu saat cantik bisa memudar seiring bertambahnya usia kita. Bersyukurlah, jika Allah memberikan paras yang elok pada diri kalian. Tapi, jangan sampai cantik itu akan mencelakakan diri kalian sendiri karena kalian tak mau memanage dan menjaga cantik yang kalian miliki dengan cara yang benar dan yang telah dituntunkan dalam agama islam.

 

Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah.” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Dalam hadits diatas disebutkan bahwa sebaik-baik perhiasan di dunia ini adalah wanita yang shalihah. Yang memiliki perilaku yang ahsan. Bukan yang memiliki paras yang elok. Tetapi yang memiliki hati dan jiwa yang baik.

Rasulullah SAW telah  bersabda : ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam hadits diatas, sangat jelas dikatakan bahwa, Allah tidak menilai kita dari indahnya paras kita, tetapi dari bersih-tidaknya hati kita dan baik-buruknya amal yang telah kita lakukan selama berada didunia ini.

Jadi, menurut pendapat saya, salah bila dikatakan cantik yang sempurna itu hanya dilihat dari penampilan fisik saja. Tapi juga harus melihat akhlak seseorang dan juga kepandaiannya. Oleh karena itu jaga selalu hati kalian, hai, para wanita. Scan selalu hati kita dengan berbuta kebaikan supaya hati kita selalu bersih dari penyakit-penyakit hati yang bisa merusak cantik yang kita miliki.

 

 

Additional:

Berikut adalah Cantik yang dinyatakan oleh beberapa pepatah:

  •           Beauty is not is the face but a light in the heart. (Kecantikan itu bukanah berada pada wajah seseorang tetapi merupakan sebuah cahaya pada hati seseorang.)

  •           Sesungguhnya semua wanita itu cantik, tapi tidak semua wanita bias memperlihatkan kecantikannya…

  •           Kecantikan Sejati Bersumber dari Hati

-           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar